Kamis, 20 Februari 2014

Kenapa Asuransi Penting?

Banyak orang ketika ditawarkan mengikuti asuransi malah mencibir sinis. Ada yang terang-terangan bilang "Ah, asuransikan cuma manis dibibir doang. Ujung-ujungnya malah bikin rugi." 

Tidak salah juga!
Buktinya memang banyak yang merasa tertipu setelah ikut asuransi. Uangnya dibawa kaburlah, Hasilnya nggak sepadanlah, sulit mengajukan klaimlah, atau banyak hal lainnya. 

Tapi juga tidak sepenuhnya benar. Menurut pendapatku, kebanyakan orang yang merasa tertipu adalah mereka yang tidak jeli sebelum mengambil keputusan ikut berasuransi. Bukan hanya itu, bahkan banyak yang ternyata "buta" dengan asuransi yang dia ikuti. Itu kesalahan fatal. 

Berasuransi semestinya dilakukan dengan pertimbangan matang. Apa yang ingin diasuransikan? Kenapa? Berapa premi yang harus dibayar? Untuk apa saja premi itu? apakah ada potongan? Jika diinvestasikan, kemana investasinya? banyak hal lainnya yang harus dipelajari. Jadi sebaiknya jangan sekedar ikut asuransi tanpa tau apa yang diikuti.

Banyak nasabahku memilih ikut berasuransi karena alasan-alasan pribadi. Apapun alasannya, aku menganggap semuanya benar. Jadi kenapa dong asuransi perlu? Nah, dari sekian banyak alasan itu ada beberapa yang bisa kurangkum, diantaranya:
  • Karena kita tak pernah tau kapan terjadi musibah, sakit, kecelakaan, kematian, atau butuh dana tambahan untuk ini dan itu. Bayangkan, jika tiba-tiba salah satu anggota keluarga kita sakit dan harus dirawat di rumah sakit padahal saat itu uang ditabungan sudah menipis atau malah tidak ada sama sekali. Betapa bingungnya. Atau malah yang lebih fatal, sang pencari nafkah kecelakaan dijalan dan meninggal, bayangkan jika ternyata orang-orang yang menjadi tanggungannya masih kecil-kecil, tapi istrinya tidak berpenghasilan. Ini banyak terjadi. Dan akhir ceritanya selalu menyedihkan. Untuk meminimalisir hal-hal yang seperti itulah makanya asuransi penting. Bukan karena kita tak mempercayai kemurahan Allah. Bukannnn, tapi karena Allah telah memberi aba-aba agar kita bersiap-siap menghadapi segala kemungkinan. 
  • Untuk investasi dimasa tua. Sadarkah anda bahwa tidak banyak orang yang hidup nyaman apalagi makmur diusia senja mereka. Kebanyakan orang-orang berusia tua justru menggantungkan hidupnya dari nafkah yang diberi anak-anaknya. Untung kalau anaknya juga hidup mapan, lha kalau tidak?? Nah,kesadaran inilah yang membuat banyak calon nasabahku memilih asuransi.
  • Untuk warisan. Ternyata banyak loh nasabahku yang mengikutsertakan anak-anaknya berasuransi diunit link untuk bekal mereka di masa dewasa. Bertahun-tahun dari sekarang saat lapangan pekerjaan makin sempit, para orangtua yang cerdas mempersiapkan sejumlah uang setiap bulannya untuk mempersiapkan modal usaha bagi anak-anaknya. 
Mungkin anda masih punya alasan lain untuk ikut berasuransi. Lalu, kenapa masih ditunda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar